Wisata Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya diresmikan pada tanggal 04 Mei 1968 oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo. Terkenal dengan nama CITTA UTTHAPANA CAKRA yang berarti Api Penyebar Semangat dengan luas area mencapai 6825 m2, terbagi atas 2 area utama. Yaitu area pamer dan perkantoran. Berikut ini beberapa koleksi dari museum Brawijaya. Di depan museum itu dipajang koleksi Tank yang digunakan pada pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. Kemudian ada senjata penangkis Serangan Udara yang disita oleh BKR pada September 1945 dari tangan Tentara Jepang. Meriam Cannon 3,5 Inch yang diberi nama Si Buang disita oleh TKR di Desa Gethering Gresik dari Tentara Belanda pada 10 Desember 1945. Kemudian Tank AMP-TRACK yang digunakan dalam pertempuran para pejuang TRIP.

Koleksi
Dibagian belakang museum kita bisa melihat icon dari Museum Brawijaya yaitu gerbong maut sebuah gerbong barang yang digunakan untuk mengangkut 100 Pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya dalam keadaan pintu tertutup rapat dan tanpa ada lubang angin, hingga menewaskan hampir seluruh penumpang dan menyisakan 12 orang selamat.
Koleksi yang terdapat di dalam museum antara lain mobil “DE SOTO USA” yaitu mobil yang digunakan Kolonel Soengkono sebagai kendaraan dinas yang pada waktu itu menjabat sebagai Panglima Divisi Brawijaya (Divisi I JATIM)1948-1950 di JATIM. Barang-barang peninggalan panglima besar jenderal Sudirman. Foto-foto jamna perjuangan hingga foto Malang tempo dulu. Komputer besa-besar jaman dulu dan lain-lain.

Lokasi Museum Brawijaya Malang
Alamat : Jl. Ijen No.25 A Malang
No. Telp. : 0341-562 394
Lintang Bujur : -7.97212, 112.62108

Jam Buka Museum Brawijaya Malang :
Senin s/d Sabtu : Jam 08.00 – 14.00
Minggu/libur nasional : Jam 08.00 – 15.00

Harga Tiket Museum Brawijaya Malang :
Dewasa/Anak-anak/Rombongan Rp 1.500,-

Museum Brawijaya Malang
Museum Brawijaya Malang. Foto : www.wisataindonesia.org
Museum Brawijaya Malang
Museum Brawijaya Malang. Foto : www.viva.co.id

 
Peta Lokasi Petunjuk Arah menuju Obyek Wisata Museum Brawijaya Malang dari Alun-alun Kota Malang

One thought on “Wisata Museum Brawijaya Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.